Gadis Bergaun Putih dari Buenos Aires

La recolita cemetery

Malam itu Pedro berjalan sendirian saja di salah satu kawasan hiburan malam di Buenos Aires yang ramai. Baru satu minggu dia tinggal di kota ini setelah mendapat pekerjaan baru di sebuah biro hukum di ibukota Argentina . Pedro sendiri berasal dari Cordoba .

Tiba -Tiba saja di persimpangan jalan Vicente López dan Azcuénaga, Pedro melihat  seorang gadis yang sedang menangis di tepi jalan .

“Mengapa kamu menangis?”,tanya Pedro.

Singkatnya mereka berdua berkenalan dan gadis cantik bergaun putih itu mengaku bernama Luz Maria dan tinggal tidak jauh dari sini 

Karena malam kian dingin, Pedro memberikan jaketnya kepada Luz Maria dan mengajak nya untuk mampir ke sebuah kafe untuk minum dan menghangatkan badan. Mereka memesan kopi susu dan coklat yang hangat .

Dalam waktu singkat mereka kian akrab dan Pedeo mulai jatuh cinta pda pandangan pertama terhadap gadis bergaun putih yang baru dikenalnya .

Ketika sedang minum tanpa sengaja Luz Maria menumpahkan sedikit kopi ke jaket yang diberikan Pedro.

Malam kian larut , Luz Maria minta diantarkan pulang dan mereka berdua berjalan kaki menuju rumah Luz Maria . 

Di depan rumah Pedeo sempat memberikan ciuman selamat malam dan selamat tinggal . Mereka berjanji esok sore akan bertemu kembali.

Keesokan sorenya Pedro sudah siap untuk menjemput Luz Maria.  Dari kafe dimana mereka minum semalam , Pedro  menyusuri jalan yang sama namun kali ini dia terkejut karena tidak menjumpai rumah yang sama . 

Ternyata jalan yang ia tuju adalah kompleks pemakaman paling terkenal di Buenos Aires yaitu La Recolita . Dan ketika menyusuri jalan yang sama Pedro sampai ke sebuah  mausoleum dengan patung seorang perempuan cantik yang sangat mirip dengan gadis bergaun putih yang dikencani semalam.

Yang membuat Pedro langsung pingsan adalah dia menjumpai jaket yang masih bernoda kopi yang semalam dipinjamkan kepada Luz Maria digantungkan saja di atas patung .

Ternyata makam ini memang mausoleum Luz Maria yang telah meninggal pasa tahun 1925 karena leukemia.  

Nama lengkap gadis bergaun putih ini adalah Luz María García Velloso, dan Ia meninggal pada usia sangat muda yaitu hanya 15 tahun.

Porteños atau penduduk Buenos Aires sudah sering mendengar kisah Luz Maria menggoda pemuda yang lewat kawasan tersebut dan menjulukinya “La Dama de Blanco” atau Perempuan Bergaun Putih.

Kisah ini bahkan pernah difilmkan pada 1942 dengan judul “ Fantasmas de Buenos Aires” atau Hantu Buenos Aires.

Pesan buat sobat adalah harus hati -hati berkencan dengan gadis yang baru dikenal di Buenos Aires. Apalagi gadis tersebut bergaun putih .

15 November 2020